Sabtu, 27 Juni 2015

Sejarah Cabang Olahraga Petanque di Indonesia

JAKARTA, UNJPETANQUE.blogspot.com --- Pétanque (diucapkan [pe.tɑ̃ːk] dalam bahasa Perancis) adalah suatu bentuk permainan boules yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonnet dan kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan di tanah keras atau minyak, tapi juga dapat dimainkan di rerumputan, pasir atau permukaan tanah lain. Permainan sejenis adalah bocce dan bowls.

SEJARAH

Pembina UNJ Petanque Club
Olahraga Petanque di Indonesia mulai dikenal dengan berdirinya Federasi Olahraga Petanque Indonesia atau FOPI pada 18 Maret 2011. Beberapa saat setelah didirikan, olahraga ini kemudian dipersiapkan untuk mengikuti SEA GAMES XXVI 2011 di Jakabaring, Sumatera Selatan, Indonesia pada November 2011. Sukses mengikuti SEA Games, Komite Olahraga Nasional Indonesia mengembangkan olahraga Petanque ke arah yang lebih luas, tidak hanya dipersiapkan untuk training para atlet, tetapi dikembangkan menjadi salah satu cabang olahraga nasional.


Caca Isa Saleh adalah orang pertama kali yang menjadi ketua dalam Federasi Olahraga Petanque Indonesia. Caca sesungguhnya bukan atlit Petanque, tetapi dia punya kepedulian yang besar untuk mengembangkan olah raga yang tergolong baru dikenal publik Indonesia. Di tengah kesibukannya sebagai Direktur Utama PDPDE (Perusahaan daerah Pertambangan dan Energi) Sumatera Selatan), Caca mempersiapkan berdirinya FOPI dan melatih para atlit serta membuka cabang di berbagai daerah.

Meski tergolong olah raga baru di Indonesia, Petanque sebenarnya termasuk olah raga yang sudah punya nama. Di dunia, negara-negara yang kuat dan konsisten mengembangkan petanque adalah negara-negara yang pernah dijajah oleh Prancis, negara yang memang melahirkan cabang olah raga tersebut.

Caca Isa Saleh mulai melakukan sosialisasi yang dimaksudkan untuk mempopulerkan olahraga Petanque di Indonesia yaitu dengan pembentukan pengurus daerah. Salah satu provinsi yang sudah membentuk pengda adalah Sumatera Selatan. Saat ini, ada lima provinsi lain yang mulai aktif  memperkenalkan Petanque, yaitu Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, dan Jawa Timur.  Untuk itu, Caca sedang gencar memperkenalkan Petanque ke tengah-tengah lembaga pendidikan yakni dari SD hingga SMA, serta kepada masyarakat luas.

indonesia petanque juara, sea games 2015 petanque indonesia
Caca Isa Saleh (kiri) dan Annisa Alfath (kanan), saat
SEA Games 2015
Dalam pengembangan cabang olahraga Petanque juga mengalami kesulitan yakni tidak adanya bola yang dijual di Indonesia. Pada tahun tersebut bola Petanque hanya di produksi oleh negara-negara yang sudah mengenal cabang olahraga terlebih dahulul misalkan yang terdekat dari Indonesia adalah negara Singapura. Maka dari itu, Caca mengaku tidak akan kesulitan kalau hanya mendatangkan bola saja. Terpenting, kata dia, kerjasama semua pihak yang didorong pemerintah daerah merupakan modal utama untuk memasyarakatkan olahraga Petanque.

1 komentar:

  1. Pak boleh minta susunan pengurus fopi dki kirim ke email sy arif.sport80@gmail.com trims

    BalasHapus